Example 325x300

Tonton Videonya: Polisi Rampas Botol Minyak, Massa Batal Bakar Ban

SIANTAR-24SMNew | Unjuk rasa mahasiswa tegang. Polisi menghalau upaya aksi bakar ban di depan Mapolres Siantar, Selasa (28/05/2024) pagi.

Aksi awalnya berjalan dengan tertib. Massa menyampaikan orasinya. Namu suasana mulai tegang setelah massa mengeluarkan ban bekas mobil untuk dibakar. Presidium Aksi, Khotibul Umam Sirait, muncul menenteng botol mineral berisi pertalite.

Example 325x300

Sontak polisi yang mengawal jalannya aksi, segera melakukan pencegahan agar aksi bakar ban tidak dilakukan. Botol mineral berisi bahan bakar minyak itu coba direbut dari tangan Umam Sirait.

“Kami kondusif. Panggil Kapolres,” teriak Umam sambil berusaha mempertahankan botol berisi pertalite yang hendak direbut anggota Kepolisian. Tak lama upaya itu dilakukan, botol akhirnya berhasil direbut polisi dari tangan Umam. Aksi bakar pun digagalkan.

Setelah aksi Umam mengatakan, pihaknya sangat kecewa dengan Kapolres Siantar AKBP Yogen Baruno, tak bersedia menemui mereka. “Kita aksi sudah berulang kali. Kapolres tidak pernah mau menemui kita menampung aspirasi yang hendak kita sampaikan,” tegas Umam.

Parahnya lagi, aksi mereka seolah hendak dibenturkan dengan massa tandingan yang berasal dari Organisasi Kepemudaan di Siantar.

“Jadi lucu sekali. Kita kok terkesan mau dibenturkan dengan massa tandingan. Gak profesional. Mana Polri yang katanya Presisi? Nol besar,” kecewa Umam.

Ada pun tuntutan massa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa dan Rakyat untuk Perubahan, serta Majelis Mahasiswa Perubahan Indonesia, ada 4 poin.

Yakni; Meminta Kapoldasu mengevaluasi kinerja Kapolres Siantar. Meminta Kapolres Siantar menertibkan tawuran dan penculikan. Mencopot Kasat Lantas Polres Siantar yang diduga pungli pembuatan SIM. Dan terakhir, meminta Kapoldasu mencopot Kasat Narkoba Polres Siantar yang diduga main api dengan para bandar narkoba.

Sementara itu, Kapolres Siantar AKBP Yogen Baruno, belum mau memberikan tanggapan terkait hal itu. (Ung)
Berikut video lengkapnya…!