Example 325x300

Pupuk Subsidi masih “Menyekik” Petani 

Photo : Ilustrasi Gambar Pupuk Subsidi

SIMALUNGUN – 24SMNew

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, masih terkesan tak berpihak ke petani. Harga pupuk subsidi mahal dan langka di pasaran, malah dibiarkan. 

Example 325x300

Kurun waktu Februari 2022, persoalan kelangkaan dan mahalnya harga pupuk subsidi, terus disuarakan petani lewat jejaring sosial. 

Kepala Dinas Pertanian Simalungun, Ruslan Sitepu, ngotot membantah pupuk subsidi tidak langka di pasaran. Sikap pejabat satu-satunya setingkat Eselon-2 yang tak dicopot bupati, ini membuktikan dirinya hanya duduk di balik meja. “Tidak langka. Cuma kurang,” kata Ruslan tanpa dosa. Sebab, tak merinci berapa besar jatah pupuk subsidi yang diterima  Simalungun.  

Ruslan menegaskan, pupuk subsidi aman terdistribusi sampai ke petani. Soal spekulasi harga pupuk subsidi yang melonjak tinggi, Ruslan melempar tanggungjawab kepada Diaperindag. “Soal harga urusan Disperindag,” kata Ruslan kemarin. 

Masih Ruslan memastikan, ada tim monitoring dalam  pendistribusian pupuk subsidi yang terus dilakukan. Dalam tim yang disebutnya KP3, itu terdiri dari polisi, jaksa, sekda, Kabag Perekonomian, Dinas Pertanian sampai Disperindag. 

Seolah dengan menyebut Tim KP3 sebagai pengawas, Ruslan hendak melepaskan diri dari tanggungjawab pendistribusian pupuk subsidi tak sampai ke petani. (Ung)