Example 325x300

PTPN IV Dilarang Bertindak, Warga Ade Irma siap Adu Data

SIANTAR-24SMNew | Ketua DPRD Siantar Timbul M Lingga, segera mengoordinasikan ke PTPN IV agar tidak bertindak sebelum Rapat Dengar Pendapat (RDP) Sengketa Lahan bersama warga Jalan Ade Irma selesai digelar.

“Kita akan segera mengoordinasikan ke pihak PTPN IV agar tidak bertindak sebelum RDP selesai digelar,” tegas Timbul M Lingga, sesaat menerima aspirasi warga yang berunjukrasa di depan Kantor DPRD Kota Siantar, Kamis (4/04/2024) siang.

Example 325x300

Dalam aksinya, massa yang didampingi kuasa hukum mereka, DR (C) Daulat Sihombing SH MH, meminta agar DPRD Siantar turun tangan melindungi mereka dari keberingasan PTPN IV yang hendak mengambil alih hak-hak warga. Atas rumah mereka yang berdiri di atas lahan 1032 hektar m2.

Dalih PTPN IV ingin kembali menguasai lahan tersebut, lantaran masuk dalam Hak Guna Usaha (HGU) mereka. Sementara bangunan rumah warga yang berdiri di atasnya, akan dihitung diganti rugi. “Tentu saja klaim PTPN IV itu tak berdasar,” tegas Daulat.

Di dalam keterangan Daulat, lahan tersebut dulunya menjadi kompleks perumahan Tentara Jepang. Di era tahun 1942 hingga 1943. Seiring kemerdekaan di tahun 1945, para Tentara Jepang pergi meninggalkan lokasi perumahan itu dan menyerahkannya kepada selir-selir mereka.

“Seiring waktu, tanah dan rumah yang dikuasai para janda selir itu turun menurun ke bawah. Ke anak sampai cucu. Tahun 2008, mereka kemudian mendapat pengakuan pemerintah seperti mendapatkan sambungan air dan listrik. Berikut Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang sampai sekarang rutin dibayar,” tegas Daulat.

Pihak PTPN IV sendiri, datang mengklaim tanah itu masuk dalam kekuasaan mereka dan hendak mengeksekusinya dari warga, baru tahun ini.

Upaya tim PTPN IV mengambil alih lahan dimulai pada 22 Maret 2024. Mereka masih mengedepankan negosiasi pada warga untuk mau angkat kaki. Tapi, warga menolak dan akhirnya meminta bantuan DPRD Siantar untuk turun tangan melindungi hak mereka.

Saat ini sambung Daulat, pihaknya menunggu gelar RDP segera dilaksanakan. Sehingga, di situ dapat diurai secara jelas asal usul lahan berdasarkan fakta yang ada.

Ketua DPRD Siantar Timbul M Lingga, memastikan RDP segera dijadwalkan Komisi I DPRD Siantar yang dipimpin oleh Prayogi Sinaga. (Rel)