Example 325x300

Ngeri! Uang Zakat Diembat?

PALUTA-24SMNew | Aroma dugaan penyelewengan dana pengelolaan zakat menguap di
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Paluta. Angkanya, mencapai ratusan juta rupiah. Ngerinya…!

Hal ini terungkap, menyusul aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Paluta, oleh Forum Pemuda Peduli Kabupaten Paluta, Selasa (05/09/2023) pagi.

Example 325x300

Mewakili massa pengunjukrasa, Asril Siregar dalam orasinya, mendesak Bupati Paluta agar mencopot ketua Baznas Paluta.

“Kami meminta Bapak Bupati Paluta agar mencopot ketua Baznas Paluta, Kosim Pohan. Kami menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi di tubuh Baznas Paluta terkait pemberian zakat dan Bantuan,” kata Asril.

“Sangat miris. Mengingat Baznas adalah lembaga yang berwenang mengurus pengelolaan zakat secara nasional sesuai undang-undang no 23 tahun 2011, tentang Pengelolaan Zakat yang dituntut amanah,” sambung Asril.

Baznas Paluta sambungnya, jelas bermain-main dengan anggaran penyaluran infaq atau bantuan yang diperuntukan bagi masyarakat, mahasiswa dan pelajar yang membutuhkan.

“Kami juga menemukan banyak tanda tanya di tubuh Baznas. Dimana pihak OPD sudah menyetorkan zakat bulan januari 2023 sebesar Rp186 juta, bersumber dari OPD tersebut, namun tidak disalurkan sebagaimana mestinya dan kami menduga adanya kong kali kong antara sesama oknum,” tambah Asril lagi di dalam orasinya.

Asisten 1 Bupati Paluta, Syarifuddin, menanggapi orasi yang disampaikan pihak PB FPP Paluta secara positif.

“Terima kasih saya ucapkan kepada rekan-rekan aktivis atas seluruh orasinya. Seluruh Orasinya akan kita sampaikan dan akan kita pertimbangkan,” jawab Asisten 1 yang menemui massa.

Setelah selesai mendengar jawaban Asisten 1, massa PB FPP Paluta membubarkan diri dengan aman dan tertib. (Dsp)