Example 325x300

“Nasi Punjungan” Petaka di Sei Bamban

Bupati Sergai saat menjenguk korban (Photo : Ist)

SERGAI-24SMNew | Sebanyak 30 Warga Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai, keracunan “Nasi Punjungan”. Dua diantaranya bahkan masih dirawat intensif di RSUD Sultan Sulaiman, Senin (13/05/2024) sore.

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang turun langsung menjenguk dua korban (ibu dan anak) dirawat, menegaskan jika keduanya sudah mendapatkan perawatan medis.

Example 325x300

Sebanyak 30 korban menurut bupati, sempat menjalani pertolongan medis di tiga rumah sakit. Namun kini, keseluruhannya sudah dapat pulih dan tersisa dua korban yang masih menjalani perawatan.

“Saat ini kondisi warga telah berangsur pulih setelah mendapat pertolongan tim medis. Sampai saat ini tinggal dua warga yang masih dalam Perawatan di RSUD Sultan Sulaiman,” terang Bupati saat menjenguk korban.

Sementara itu Direktur RSUD Sultan Sulaiman, SA Saragih, memastikan jika kondisi kedua korban juga sudah berangsur membaik. “Sudah bisa juga pulang. Tapi tetap di bawah pengawasan,” paparnya.

Seperti diketahui, Nasi Punjungan berasal dari pesta salah seorang warga. Nasi Punjungan merupakan bentuk berbagi atau perhatian dari pemilik acara pesta kepada warga sekitar lokasi acara. Dengan cara, dikemas dalam rantang dan dibagi-bagi kepada warga. membagi-bagikannya kepada

Berdasarkan data yang diterima, dari 30 jumlah korban keracunan, sebanyak 19 di rawat di Klinik Sunaseh, 3 lainnya di rawat di RS Pamela Kota Tebingtinggi dan 2 di RS Cevani Tebingtinggi. Serta 2 di RS Melati Kampung Pon.

Puluhan warga mulai dari anak-anak dan dewasa warga Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Sergai, diduga mengalami keracunan usai menyantap makanan yang didapat dari Nasi Punjungan atau nasi rantang tersebut.

Kapolsek Firdaus AKP Andi Sujendral, melalui PS Kasi Humas Polres Sergai Iptu Edward Sidauruk, menambahkan, peristiwa keracunan Minggu (12/05/2024) itu sudah ditindaklanjuti dengan mengambil sempel makanan untuk diteliti.

“Kita bersama Dinas Kesehatan sudah mengambil sempel makanan untuk diuji di laboratorium,” terang Iptu Edward.

Selain itu sambungnya, pemilik hajatan pesta, Ayu (29) juga sudah dimintai keterangan. Warga Dusun XVI tersebut dalam pengakuannya, telah menyebarkan 400 rantang Nasi Punjungan.

Nasi Punjungan itu menurut Ayu, terdiri dari ayam, nasi dan sambal tauco. (Ung/rel)