Example 325x300

Muncul 2 Kandidat Kuat di Pilkada Paluta 2024

Catatan : Dedi Panjaitan

Era kepemimpinan Andar Amin sebagai Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) segera berakhir. Tepatnya, 27 Oktober 2023 mendatang. Lantas, siapa yang pantas menggantikannya?

Example 325x300

Warga Paluta sudah mulai aktif dan ramai memperbincangkan siapa saja sosok yang akan maju sebagai Bacalon Bupati Paluta di Pilkada 2024 mendatang. Ada 2 nama dipercaya kuat sebagai kandidat.

Dari keduanya, warga bahkan mulai menghitung kepantasan dan kelayakan dalam memimpin Kabupaten Paluta kedepannya.

Bila dikaji, mungkin bisa dikatakan masih terlalu dini untuk membahas Pilkada Bupati Paluta 2024 yang dilaksanakan pada bulan Oktober tahun depan.

Namun fakta saat ini di kehidupan sehari-hari warga Paluta, perbincangan mengenai Pilkada Paluta 2024, tak pernah dingin. Terus hangat bahkan memanas.

Dua nama paling panas diperbincangkan masyarakat, adalah H Zakiyuddin Harahap SE dan H Hamsiruddin Siregar.

Dari berbagai sumber, sosok H Zakiyuddin dikenal sebagai
anak kandung dari mantan Bupati Tapanuli Selatan Almarhum H Saleh Harahap. Zakiyuddin, saat ini memimpin DPC Partai Gerindra Padang Lawas Utara.

Selain sukses di karir politik, Zakiyuddin juga dikenal piawai dalam berbisnis. Lihat saja Hotel Gunung Tua Indah yang sampai kini eksis di tengah persaingan perhotelan yang kian ketat.

Zakiyuddin, sudah meramaikan Paluta dengan spanduknya yang berslogan “Paluta Bangkit”.

Sementara kandidat lainnya paling dipercaya mampu menyaingi Zakiyuddin, tak lain adalah H Hamsiruddin Siregar. Sosok satu ini murni pengusaha sukses yang berkarir di Jakarta.

Hamsiruddin lebih familiar dijuluki “RCM” di tengah-tengah masyarakat. Dikarenakan, kepemilikan sejumlah bidang usah miliknya yang merambah Paluta, dinamai dengan RCM. Seperti property dan waterpark.

Spanduk dan baliho Hamsiruddin juga sudah mulai bermunculan di langit Paluta. Dengan tagline “Harapan Perubahan”.

Tokoh masyarakat Paluta, H Nagori Harahap, membaca peta pertarungan Pilkada 2024 sudah kian memanas. Namun, untuk memprediksi siapa kandidat terkuat hingga keluar sebagai pemenang, mantan Camat Paluta ini masih enggan membukanya.

“Terlalu buru-buru kesannya jika saat ini kita membahas itu. Tapi intinya siapa pun nanti yang berkuasa harus tetap mengutamakan kesejahteraan warga Paluta. Jangan mengumbar janji-janji palsu di saat kampanye. Sebenarnya masyarakat kita sudah muak dan merasa menjijikkan mendengar setiap janji-janji yang diucapkan pada masa kampanye namun tak mampu direalisasikan,“ kata H Nagori Harahap, Rabu (02/08/2023) kemarin.

Camat di era Paluta masih menyatu dalam bingkai Kabupaten Tapanuli Selatan, ini hanya berpesan kepada seluruh warga Paluta, agar lebih cerdas memahami visi dan misi setiap para Bacalon Bupati 2024 nantinya. Sehingga, tidak terjebak pada angan-angan semata.

“Semoga setiap Bacalon Bupati 2024 adalah orang- orang yang amanah dan proaktif terhadap harapan-harapan masyarakat Paluta,” tutup H Nagori. (***)