Example 325x300

LSI: Doli dan Pratiwi Mendominasi, JR Saragih…?

SIANTAR-24SMNew | Tensi politik bakal makin tinggi. Lembaga Survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) menurunkan hasil survey dengan menempatkan Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan Delia Pratiwi Sitepu, sebagai pemenangnya. Sementara JR Saragih, tersingkir.

Informasi diterima di lapangan pada Rabu (17/01/2024) pagi, hasil survey LSI tersebut memang tidak sepenuhnya dapat diyakini mutlak 100 persen. Akan tetapi, tak sedikit dari para caleg yang terpaksa melakukan validasi ulang data calon pemilihnya.

Example 325x300

Tidak dipungkiri, Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut-3 DPR-RI, nama mantan Bupati Simalungun JR Saragih, amat populer. Namun kepopuleran tersebut ternyata belum berpengaruh pada pilihan masyarakat.

Di dalam hasil survey LSI tersebut, perolehan suara dua kader Golkar amat mendominasi. Ahmad Doli Kurnia Tanjung mencapai 12,2 persen, lalu di urutan tertinggi di atas Doli ada Delia Pratiwi Sitepu dengan perolehan mencapai 15,5 persen suara.

Urutan ke-3 disusul oleh kader PDI Perjuangan. Djarot Saiful Hidayat dan Bane Raja Manalu. Menyalip kemudian Djohar Arifin dari Gerindra, disusul Junimart Girsang dari PDI Perjuangan. Kemudian bertengger nama Elvin dari Gerindra, Nasril Bahar dari PAN, Ansori Siregar (PKS) serta Hinca Panjaitan di urutan 10.

Pemerhati Politik Sumut, Deni Kurniawan, mengingatkan kepada para caleg, untuk tidak berpatok pada hasil survey dari lembaga survey. Apalagi, lembaga survey yang belum jelas kredibilitasnya. Namun begitu, tetap menjadikannya sebagai bahan motivasi. “Dijadikan motivasi saja. Bagi yang di titik nyaman tidak lantas senang, sementara yang tereliminasi harus segera bergerak lebih kencang,” kata Deni.

Tidak pula dipungkiri sambung Deni, hasil survey bisa benar dan bisa saja meleset. Oleh karena itu, seluruh pihak yang kini bertarung harus lebih menyikapi hasil survey dengan objektif. “Manfaatkan waktu yang tersisa tak banyak lagi. Lebih kencang bergerak memanfaatkan seluruh potensi yang ada,” saran Deni.

Seperti diketahui, rilis hasil survey LSI itu menyebar ke grup-grup whatsapp masyarakat Sumut. Tanpa keterangan namun hasil tertuang dalam persentase. (Ung)