Example 325x300

Kepengurusan Harungguan Purba Terbentuk, Ketua Umum Mangapul, Sekum Rohdian

SIANTAR-24SMNew | Melalui rapat yang dilakukan Sabtu (19/11) di Polisco Cafe, Jalan Simarimbun Kecamatan Siantar Selatan Kota Siantar. Susunan dan komposisi kepengurusan Harungguan Purba berhasil dibentuk.

Sementara itu sebelumnya, melalui rapat besar yang dilakukan pada Oktober 2022 yang lalu, Mangapul Purba SE terpilih sebagai Ketua Umum Harungguan Purba secara aklamasi.

Example 325x300

Sedangkan melalui rapat Sabtu kemarin, secara khusus membahas dan menetapkan susunan dan komposisi kepengurusan. Hasilnya, Drs Gidion Purba MSi sebagai Ketua Harian Harungguan Purba, Sekretaris Umum Rohdian Purba SSi MSi dan Bendahara Ricardo Purba.

Pada susunan dan komposisi kepengurusan ini, ada juga Suite Purba Dasuha SH MH yang dipilih sebagai Wakil Ketua Harian Harungguan Purba.

Kemudian, terdapat 14 unsur wakil ketua, mewakili 14 sub (rumpun) marga Purba yang ada. Adapun ke 14 wakil ketua itu diantaranya, Gregorius Purba Manorsa SE, Ir Jhon Sabiden Purba Tanjung MSc, Leks Purba Silangit, Jerry Purba Sigumonrong, Juliaman Purba Siboro, Daniel Purba Tua, Jon Sardion Purba Tambun Saribu, Viktor Imanuel Purba Sidagambir, Sabar Purba Tondang dan lainnya.

Begitu juga dengan unsur wakil sekretaris, juga diisi 14 sosok, mewakili sub (rumpun) marga Purba yang ada. Diantaranya, Edward Purba, Jan Alanbert Purba, M Gunawan Purba, Hasudungan Purba, Daniel Purba, Rudi Arman Purba, dan lainnya.

Lebih lanjut, berhasil juga dibentuk pengurus departemen. Seperti departemen pendidikan, budaya, sosial politik, humas, sumber daya manusia, dan lainnya.

Selepas rapat, Sekretaris Umum (Sekum) Harungguan Purba, Rohdian mengatakan, Harungguan Purba memiliki visi dan misinya sendiri. Terutama dalam bidang sosial, politik, budaya, sumber daya manusia, pendidikan dan ekonomi.

“Dengan harapan, Harungguan Purba dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional dan daerah ,” ucap Rohdian Purba.

Harungguan Purba ini, sebut Rohdian, akan memaksimalkan sosok di dalam diri setiap marga Purba untuk mengisi pembangunan sebagaimana kompetensinya.

“Baik itu di bidang politik, eksekutif, legislatif, yudikatif, pengusaha, BUMN, swasta dan lainnya. Lalu satu dengan yang lainnya akan saling mendukung,” ujarnya.

Harungguan Purba, lanjut Rohdian, akan tetap mengedepankan pilosofi suku Simalungun, “habonaron do bona” dan “sapangambei manoktok hitei”.

“Marga Purba suku Simalungun itu jumlahnya sangat banyak. Jadi sudah saatnya marga Purba akan mengambil peran strategis dalam berbagai bidang, guna meningkatkan eksistensi diri,” tandasnya.

Lebih lanjut ditegaskan Rohdian, Harungguan Purba merupakan tempat berkumpulnya marga Purba, “boru, dan “panogolan”.

Katanya, dalam waktu dekat, pengukuhan (pelantikan) pengurus Harungguan Purba akan dilakukan. Untuk itu, panitia pengukuhan (pattapei sihilap/pelantikan) telah dibentuk. Dimana Suite Purba selaku Ketua Panitia Pelantikan Harungguan Purba, Sekretaris Juliaman Purba dan Bendahara Rikardo Purba. (Gun)