Example 325x300

“Jumat Curhat” Interaksi Bermanfaat Polisi dan Masyarakat

SIANTAR-24SMNew| Polres Siantar bersama Polsek Siantar Utara, menggelar Program Jumat Curhat di salah satu warung kopi Jalan Persatuan Kelurahan Suka Dame Kecamatan Siantar Utara, Jumat (30/12) sekira pukul 14.00 WIB.

Di dalam forum ini, polisi membuka dialog bersama masyarakat. Baik itu dari kalangan pedagang, tukang beca sampai sopir angkutan di seputaran kawasan Parluasan.

Example 325x300

Momen ini jelas tak ingin dilewatkan begitu saja. Sebab masyarakat diberi kesempatan menyampaikan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Bukan saja itu, juga diberikan peluang untuk memberi solusi. Tentunya, yang berkaitan dengan Kemanan dan Ketertiban Masyarakat.

Maradona Malau, salah satu warga seputaran Parluasan, tak ketinggalan menyampaikan curahan hatinya. Soal keberadaan para pedagang sayur malam seputaran Terminal Eks Sukadame yang menggelar dagangan sesuka perut tanpa memikirkan pengguna jalan.

“Sehingga menyebabkan macet. Pengguna jalan susah lewat,” kata Malau. Bukan sampai situ, adanya preman yang mengutip uang dari pedagang malam, membuat timbulnya kesan adanya perlindungan bagi pedagang sehingga pedagang merasa bebas menggelar dagangannya di bahu jalan.

Sementara Laurentius, pedagang sendal di Pasar Parluasan, mengeluh sering kemalingan di dalam pasar Dwikora. Ferdianto Sinaga, pedagang kopi yang masih beroperasi di seputaran Parluasan, mengeluh soal persaingan tak sehat di antara sesama pedagang kopi.

Keluhan warga juga merambat pada keberadaan gedung sarang Burung Walet di Jalan Persatuan. Fanda Tampubolon, warga sekitar, mengaku kebisingan dengan suara rekaman audio suara burung dari gedung tersebut berbunyi selama 24 jam.

Keluhan warga diterima satu persatu untuk selanjutkan masuk dalam catatan kegiatan. Hadir dalam kegiatan itu; Kasat Intelkam Polres Siantar AKP Bobi Viska Pranata. Kanit Intelkam Polsek Siantar Utara Ipda Pitra Jaya. Babin Kamtibmas Aipda Yunus Sembiring. Ketua Pedagang Kecil Eks Terminal Sukadame Rado Malau, Ketua LSM Pedang Keadilan Perjuangan Siantar Simalungun, Pandapotan. Anggota Serikat Pekerja F.SP.TSI Siantar Utara Boy H Tobing serta masyarakat dan pedagang sekitar Eks Terminal Sukadame.

Ipda Jaya Pitra secara khusus mengatakan, kegiatan Jumat Curhat untuk menjaring masukan masyarakat terhadap potensi gangguan Kamtibmas di tengah-tengah lingkungan penduduk.

“Sehingga, dengan mudah kita nantinya akan mendeteksinya dan untuk kemudian menanggulanginya,” tutup Fitra. (Ung)