Example 325x300

Jatuh Bangun Itu Biasa

24SMNew-Inspiratif | Menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus seorang pebisnis bukan lah hal yang mudah. Namun bila di jalankan dengan dengan penuh hati dan punya tujuan, akan sangat mudah menjalankannya.  Ari Nova Sembiring menjadi buktinya.

Wanita kelahiran pematangsiantar 26 tahun lali ini, merupakan lulusan Universitas Muhammadiya Sumatera Utara Fakultas Managemen Keuangan. Nova yang sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga, kini  memiliki usaha yang cukup banyak.

Example 325x300

Nova tidak manjalankan di satu bisnis saja, namun ia menjalan beberapa bisnis seperti nail art, venner gigi, furniture, kuliner dan eyelash extension.  Tak tanggung tanggung, beberapa usaha yang di jalnkannya ia turun tangan langsung meski kodrat nya ia adalah seorang ibu rumah tangga.

Saat masih duduk di bangku SMA, Nova merupakan seorang model sekaligus MC di kota pematangsiantar. Setelah lulus SMA ia memutuskan untuk kuliah dan menetap di Medan. Saat kuliah ia juga tak tinggal diam, ia memilih untuk kuliah sambil bekerja. Pekerjaan yang di lakoninya saat itu ialah menjadi seorang SPG.

Setelah memilih menikah pada tahun 2018, ia mengisi kekosongan waktu dengan berjualan fashion bangkok. Seiring perkembangan waktu pada awal tahun 2020 ia memilih untuk kembali ke kota kelahirannya. Pada pertengahan 2020 ia kemudian memilih untuk membuka usaha furniture.

“Dulu itu sempat usaha fashion Bangkok, jadi aku dua kali dalam sebulan itu ke Bangkok buat belanja. Setelah kami resepsi di bulan november, suami terkena musibah jadi semua habis untuk ini itu. Akhirnya suami mutusin buat kerja di luar kota dan aku nya balik ke siantar. Tetapi walaupun kita nya LDR alhamdulillah komunikasi gk pernah putus,” ujarnya.

Usaha furniture yang kini di lakoninya berawal saat ia membuka arisan online. Nova melihat peluang yang cukup besar untuk usaha furniturenya, kemudaian ia memikirkan untuk membuat furniture sendiri dengan di bantu ahlinya.

“Awal mula nya usaha furniture itu dari arisan barang, jadi aku tu buat kredit tanpa bunga. Yang arisan juga bisa. Jdi karena banyak juga peminatnya, coba deh produksi sendiri tapi tetap di bantu ahlinya. Untuk belanja bahan dan lainnya tetap aku,” ujarnya.

Istri seorang pengusaha ini memiliki prinsip jangan pernah balas keburukan dengan keburukan. Dalam usaha ia pernah jatuh bangun namun ia tetap berusaha, sabar dan terus berjuang untuk membesarkan usaha yang sudah di bangunnya.

“Dulu sempat jatuh juga sih namanya manusia ya roda dunia berputar, jatuh bangkit lagi. Intinya kalau kita mau sukses itu berusaha, iklas dan sabar. Karena kalau gk di cari juga gak akan ada peluangkan. Cuman prinsip ku, biar orang lain benci kita, tapi jangan sampai kita  membenci orang, intinya jangan balas keburukan dengan keburukan,” tuturnya

Wanita yang tinggal di Jalan medan perumahan cinta maju, ini dalam merekrut karyawannya juga tidak memikirkan diri sendiri. Ia juga memikir kan nasib orang lain yang harus juga menafkahi keluarga.

“Alhamdulillah bisa kasih rezeki ke orang lain. Karena aku tu orangnya kerja itu mikir. Aku harus punya target, anggota ku itu harus bergaji karena mereka juga punya keluarga, Jadi aku ajak ayok kerja. Nah, sekarang tanggung jawab aku itu bukan cuman aku dan  anak ku, tapi karyawan aku juga,” tegasnya.

Nova berharap usaha yang di bangunnya dari nol hingga saat ini bisa semakin besar lagi. Ia juga berkeingan untuk membesarkan usaha di bidang kecantikan dan membuka lapangan pekerjaan yang bermanfaat untuk orang lain.

Ia juga berpesan kepada para pebisnis untuk terus berusaha pantang menyerah. Setiap usaha pasti ada jatuh bangunnya.

“Berfikir lah positif walaupun tanggapan orang negatif. Terus berusaha gagal coba lagi, jangan pernah menyerah. Untuk anak jaman sekarang ayolah terbuka fikirannya, jangan sia-sian masa muda kalian, uang memang bukan segalanya tetapi segalanya butuh uang”, pesannya.