Example 325x300

Innalillah…! Bupati Paluta Ikut Berduka, Nek Sori Gosong Dilumat Api

PALUTA-24SMNew | Kobaran api tak hanya menjilat rumah. Tubuh renta Hj Sori Harahap (97) tak ketinggalan dilumat hingga tewas di tempat.

Kobaran api diketahui mengepung rumah semi permanen milik Nek Sori, di Desa Ulok Tano Kecamatan Simangambat Kabupaten Paluta, tepat sekira pukul 02.00 WIB, Selasa (12/09/2023) dini hari.

Example 325x300

Nek Sori tinggal seorang diri. Tak jelas dari mana awal api bisa muncul dan membesar dengan cepat. Soleh Alam Hasibuan dan Hatta Tanjung, warga Desa Ulok Tano yang juga tetangga korban, menceritakan, kobaran api di rumah korban memang baru diketahui warga setelah membesar.

“Sekitar pukul 02.00 WIB, kami melihat rumah Hajjah Sori sudah berkobar api. Kami meminta warga yang lain untuk membantu memadamkannya,” ungkap keduanya.

Dengan alat seadanya, api berhasil dipadamkan hampir 30 menit. Hajja Sori kami temukan tewas dalam keadaan terbakar, di dalam rumah,” jelas Soleh dan Hatta.

Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar, menjelaskan bahwa kebakaran tersebut berasal dari obat anti nyamuk bakar.

“Kronologi kejadian atau kebakaran muncul dari obat anti nyamuk bakar yang dipakai korban di rumahnya. Korban tinggal di rumah itu seorang diri. Diduga anti nyamuk bakar tersebut mengenai kain yang digunakan korban, sehingga api dengan cepat membesar dan menghanguskan rumah dan pemilik rumah meninggal dunia,” jelas Kapolsek.

Almarhumah atau Jenazah Hajjah Sori Harahap sambung Kapolsek, sudah dievakuasi ke rumah saudara terdekatnya di Desa Ulok Tano Kecamatan Simangambat Kabupaten Paluta.

Bupati Paluta, Andar Amin Harahap, mengetahui kabar itu mengaku ikut berduka. Andar mengatakan sudah mengetahui kejadian tersebut sebelum berita ini dirilis. Andar bahkan langsung memerintahkan OPD terkait untuk melakukan tindakan untuk membantu korban sesegera mungkin.

“Innalillahi wa innailaihi Roojiun. Secara pribadi dan sebagai Kepala Daerah, saya turut berduka cita atas musibah kebakaran tersebut. Dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Hajjah Sori Harahap,” tutup Bupati. (DsP)