Example 325x300

Ini Penampakan Longsor Siantar

SIANTAR-24SMNEW| Kerusakan rumah warga Jalan Nagur Gang Manunggal Kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Utara, masih didata oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siantar.

Example 325x300

Plt Kepala BPBD Siantar Robert Samosir, memastikan pendataan tak dilakukan pihaknya hanya di kawasan Gang Manunggal saja. “Kita masih mendata secara menyeluruh,” kabar Robert lewat pesan singkat WhatsApp, Sabtu siang (29/10) sekira pukul 11.00 WIB.

Dijelaskan Robert, data sementara korban terdampak hujan deras pada Jumat sore hingga Sabtu dini hari, belum selesai. “Kita belum rilis karena masih pendataan,” katanya, sembari mengimbau masyarakat untuk tetap waspada khususnya yang berada di kawasan rawan longsor.

“Mengingat saat ini cuaca ekstrim dengan intensitas hujan meningkat, kita mengimbau masyarakat untuk lebih waspada. Hasil pendataan korban bencana longsor akan ditindaklanjuti setelah mendapat arahan Wali Kota Siantar,” papar Robert.

Sementara itu dari lokasi longsor Gang Manunggal, Kapolsek Siantar Utara lewat Kanit Intel Ipda Pitra Jaya, membenarkan adanya kerusakan pemukiman warga akibat longsor disebabkan hujan berkepanjangan.

“Kerusakan terdapat pada atap dan teras rumah yang berdekatan dengan kontur tanah berlembah. Personil Polsek Siantar Utara terus memonitor setiap perkembangan yang ada,” tegas Pitra.

Menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim, warga Gang Manunggal, masih memilih tetap menghuni rumah mereka. “Mau pindah, kemana? Jadi gak ada pilihan. Kami cuma harus lebih waspada,” kata warga.

Informasi diperoleh di lokasi Gang Manunggal, korban yang mengalami kerusakan rumah mencapai 4 sampai 7 titik. Warga bahu membahu mencoba membenteng dinding lembah dengan manual. (Ung)