Example 325x300

Dikemanakan Gaji Pangulu Rp5,8 Miliar? Bupati Simalungun Bungkam

SIMALUNGUN-24SMNew | Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, belum memberikan klarifikasi secara resmi terkait gaji pangulu yang telat bayar selama 4 bulan terhitung Agustus 2023.

“Belum terima gaji Sampe sekarang. Udah 4 bulan gaji tak disalurkan pihak kecamatan,” kata salah seorang pangulu, Senin (20/11/2023) malam. Pihak kecamatan sambungnya, beralasan jika gaji tak disalurkan lantaran target PAD (Pendapatan Asli Daerah) tak tercapai.

Example 325x300

“Jadi alasannya itu. Gak capai target PAD dari pungut pajak di desa,” sambung pangulu minta identitasnya tidak dipublikasikan.

Ketua DPC Hanura Simalungun, Elkananda Shah, menegaskan jika fraksinya di DPRD Simalungun, jauh hari sudah mendesak agar gaji para pangulu tetap harus dibayarkan.

“Tidak ada alasan seperti itu. Tetap harus dibayarkan (gaji pangulu) itu. Kita sudah mendesak lewat Fraksi Hanura di DPRD Simalungun agar gaji pangulu dibayar penuh 4 bulan,” tegas Elkananda.

Soal pendapatan dari sektor pajak di tingkat desa ditambahkan Elkananda Shah, bukanlah bisa dijadikan alasan untuk menahan gaji pangulu.

“Gaji itu menyangkut hajat hidup pangulu. Ada cara lain yg bisa di buat. Contoh bonus upah tagihan pajak atau lain-lain yang merangsang untuk giat mengumpulkan PBB di masyarakat. Kalau dari Hanura kami minta bupati tuntaskan bulan ini. Bila tidak, kami akan Laporkan ke Ombudsman dan Komnas HAM,” ancam Ketua Pemuda Pancasila Simalungun ini tak tawar lagi.

Jika gaji pangulu Rp4 juta perbulan, maka terhitung 4 bulan gaji pangulu yang sudah tertunggak, jumlahnya mencapai Rp16 juta per pangulu. Dengan jumlah pangulu sebanyak 365 se Simalungun, maka total tunggakan Pemkab Simalungun atas gaji pangulu menyentuh angka Rp5,8 miliar lebih.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, dikonfirmasi melalui Kapela Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) Pemkab Simalungun, Sarimuda Purba, belum memberikan klarifikasi resmi terkait tunggakan gaji pangulu selama 4 bulan tersebut. (Ung)